Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ahlan wa sahlan di dunia 'Baru Belajar'
love

Friday, February 18, 2011

Semester Enam (sedikit intermeso)


Bismillah,
Alhamdulillah, sudah masuk semester 6, itu artinya bentar lagi lulus insya Allah. 1 tahun lagi kah atau  1,5 tahun?? Amiin, semoga dipermudah untuk segera keluar dari kampus. Alhamdulillah juga, IP semester 5 kemarin lumayan sehingga aku mengambil 23 SKS di semester ini. Hmm, ini dia mata kuliah yang kuambil…

Mata kuliah wajib: Lingkungan dan Pengelolaan Limbah, Proses Termal, praktikum Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, praktikum Lingkungan dan Pengelolaan Limbah, praktikum Proses Termal, praktikum Perancangan Pabrik II (PP II), dan Kerja Praktek.
Mata kuliah pilihan: Perencanaan Gizi, Teknologi Bakery, Teknologi Perisa, Pengembangan Proses, Pengendalian Proses dan Automasi.
Sepertinya tidak ada revisi lagi, teknologi susu … ah nanti saja.

Dengan banyaknya mata kuliah yang aku ambil, sebenarnya agak kuatir juga apa aku akan kuat tersibukkan dengan semua ini. Apalagi kalau praktikum sudah dimulai, bisa sering pulang malam nih. Belum lagi banyaknya tugas-tugas yang diberikan dosen, tugas baca, nyari jurnal, presentasi, laporan praktikum. (waaa, ta’limnya pripun???) Hari pertama masuk kemarin aja sudah dijejali dengan seabrek tugas. Pasti akan sedikit sekali waktu yang bisa digunakan untuk membaca buku dien atau sekedar membaca majalah Asy Syariah pun. Semoga bisa menyempatkan diri untuk berangkat ta’lim. Betapa senangnya membayangkan teman-teman yang bisa menuntut ilmu syar’i (mondok atau sekolah di institusi islam), bukan seperti aku ini. Bahagianya mereka… T.T
Tapi, bagaimanapun juga aku harus SEMANGAT!!! Biar cepet lulus!!

Sepertinya beban terberat ada pada mata kuliah PP II dan Kerja Praktek. Kerja praktek di PTPN XII Kertowono (Lumajang, Jawa Timur) alhamdulillah dah selesai 5 Januari kemarin, tinggal laporannya itu lho... Laporannya harus selesai dalam waktu satu semester, termasuk diskusi, revisi, dan ujian di depan dosen penguji. Semoga tidak seperti pengalaman teman-temanku sebelumnya yang belum selesai hingga di akhir semester, bahkan ada yang belum pernah diskusi dengan dosen pembimbingnya. Sungguh menyeramkan,,, waah tapi dosen pembimbing PP II –ku susah ditemui je… (wakil dekan, sibuuk). Mudahkanlah ya Allah….

Mata kuliah Pegembangan Proses sepertinya cukup menantang karena dituntut untuk aktif di kelas, mengemukakan ide, dan membuat alternatif-alternatif solusi dari problem-problem di suatu industri. Seolah-olah kita belajar menjadi konsultan yang harus bisa memecahkan permasalahan yang dialami kliennya kemudian memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi..

Mata kuliah Proses Termal…banyak itung-itungannya… salah satu dosennya juga dosen pengajar Pengembangan Proses. Kalau Teknologi Bakery….menarik, tapi tugasnya itu lho…moso’ baru pertemuan pertama udah diberi tugas-tugas yang harus dikerjakan selama satu semester ini.. dan setiap pertemuan selalu ada tugas yang harus dikumpulkan, hoho. Minggu ini harus ke toko bakery, terus nyatet nama-nama bakery yang ada di sana, kemudian dikategorikan masuk jenis apa (roti/bread/biskuit, dll). wkwkwk.

Yaaap. SEMANGAT!!! Dan aku akan selalu berdoa semoga dipahamkan dalam agama. “Allohumma faqihni fiddiin… Allohumma faqihni fiddiin… Allohumma faqihni fiddiin”
“Yaa muqollibal quluub, tsabit qolbi ‘alaa diinik.”

Sagan, 16 Februari 23:15 WIB

3 comments:

  1. revisi KRS,, Automasi diganti Industri Jasa Boga,, hehe.. latihan bikin profil industri jasa boga sendiri. hoho

    ReplyDelete
  2. hehe, iya ukh. jazaakillahu khaira.

    ReplyDelete

Pastikan Anda menyertakan nama dan URL/username Anda agar tidak masuk spam.