Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ahlan wa sahlan di dunia 'Baru Belajar'
love

Friday, August 20, 2010

Ramadhan di Jogja

Bismillah,,

Assalamu'alaikum teman-teman semuanyaaa..

Tak terasa kita sudah memasuki hari ke-10 bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah, bulan penuh maghfiroh. Sudah puaskah dengan amalan-amalan yang telah kita lakukan sepuluh hari ini?? Hmm, sudah dapat berapa jus tadarusnya? Telah kita ketahui bersama bahwa Al Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan. Pada bulan ini sangat disyariatkan untuk memperbanyak bacaan Al Qur'an. Sungguh sangatlah besar keutamaan membaca Al Qur'an di antaranya berdasarkan hadist Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam.
Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

« اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه »

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804]

Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang memperhatikan Al-Qur`an, yaitu dengan rajin membacanya, menghafalnya, mendengarnya dengan serius, diam ketika dibacakan kepadanya, mempelajarinya, mengajarkannya, mengingatnya, dan mentadabburinya. Terutama pada bulan Ramadhan yang mulia ini. Dan semoga kita tidak termasuk orang-orang yang meninggalkan Al-Qur`an.

Selain memperbanyak tadarus Al Qur'an, menghadiri majelis-majelis 'ilmu merupakan perkara yang sangat baik. Beruntung saya menghabiskan awal-awal Ramadhan ini di Jogja. Di sini ada kajian intensif yang diselenggarakan oleh Panitia kajian Islam (Pakis) Jogja yaitu dari tanggal 12-24 Agustus 2010 setiap pukul 09.00-dzuhur Insya Allah.

Materi dan pematerinya adalah:
1. Fiqih Shiyam, Qiyamu Ramadhan, dan I'tikaf dengan rujukan Kitab Bulughul Maram oleh Ustadz Abu 'Ubaidah Syafrudin,
2. Tafsir Surah Al Fatihah dengan rujukan Kitab Tafsir Karim Ar-Rahman oleh Ustadz Abu Ishaq 'Abdullah,
3. Menjaga kemurnian Ikhlas dengan rujukan Kitab Riyadhus Shalihin oleh Ustadz Abu Bakr 'Abdurrahman,
4. jalan Menuju Taubat dengan rujukan Kitab Riyadhus Shalihin oleh Ustadz Abu 'Abdirrahman 'Abdulhaq.
Wah, menarik banget kan, sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Kajiannya bertempat di Masjid Pogung Raya, Sleman. (Sepertinya agak telat saya menginformasikan, heehee.. tinggal 4 hari lagi!)

Buat teman-teman yang bermukim atau hanya sekedar singgah di Jogja, manfaatkan kesempatan ini. Buat teman-teman yang bermukim di luar Jogja bisa mengunduh rekaman kajiannya. Bisa melalui link berikut ini
http://ber.ilmoe.com/download-kajian/users/atstsurayya/Dauroh-Ramadhan-Jogja-1431H/

atau melalui
http://www.ilmoe.com/


Kitabnya bisa didowload di sini
http://statics.ilmoe.com/kajian/users/atstsurayya/Ebook/Kitab-Dauroh-Romadhon.zip

Pamletnya bisa dilihat di sini
http://www.lite.facebook.com/photo.php?pid=328712&fbid=1169696658014&op=1&o=global&view=global&subj=100000072573357&id=1695900188



Wassalamu'alaikum warahmatullah.

No comments:

Post a Comment

Pastikan Anda menyertakan nama dan URL/username Anda agar tidak masuk spam.